PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Keywords:
pemimpin, kepala sekolah, revolusi industri 4.0, mutu sekolahAbstract
Peningkatan kualitas pendidikan merupakan orientasi pengembangan peradaban nasional sebagai investasi masa depan pengembangan bangsa jangka panjang. Saat ini sekolah telah memasuki era revolusi industri tentunya mutu sekolah perlu diperbaiki, sehingga diperlukan kepemimpinan kepala sekolah untuk menghadapi era ini. Kepala sekolah merupakan pemimpin yang berada di sekolah tersebut dan merupakan orang yang mempunyai wewenang di dalam sekolah. Kepemimpinan yang ideal adalah kepemimpinan yang mengikuti tuntutan revolusi industri 4.0. Pemimpin yang mengikuti perkembangan teknologi, pemimpin harus memiliki keterampilan dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan orang lain yang ada hubungannya dengan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran di era revolusi industri 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi perubahan zaman, khususnya di era 4.0 dan menjelaskan studi tentang konsep kepemimpinan dalam menghadapi era 4.0. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil diskusi dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah harus mampu menguasai di bidang teknologi yang dibutuhkan seperti saat ini di era revolusi digital 4.0 untuk meningkatkan dan mengeksplorasi potensi yang ada pada dirinya sendiri dan kebutuhan akan kesiapan kepala sekolah dalam menghadapi tantangan di era revolusi digital 4.0 saat ini.
